Lima Hal Ini Menjadi Fakta Menarik Dari Pemilihan Jakarta Dan Palembang Sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018

Selama penyelengaraan Asian Games 2018 lalu yang digelar di Jakarta dan Palembang ini memang meninggalkan kesan yang bagus untuk banyak pihak. Banyak hal yang tidak bisa dilupkana pada penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu. Salah satunya adalah venue asian games 2018 yang dinilai mampu menjadi tempat terbaik untuk cabang olahraga yang ditandingkan di ajang tersebut klik di sini.

Namun, ternyata ada beberapa fakta menarik di balik terpilihnya Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah dari ajang Asian Games 2018 lalu. Beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui adalah

1. Asian Games adalah yang kedua kalinya diselenggarakan di Indonesia. Sebelum tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962. Bahkan, ini pertama kalinya ajang ini diselenggarakan di dua kota, seperti Jakarta dan Palembang

2. Jakarta dan Palembang sebenarnya bukan pilihan pertama untuk Asian Games 2018. Tuan rumah pertama yang pertama dipilih adalah Hanoi, Vietnam. Namun, pada tahun 2014 Vietnam menarik keputusan tersebut dan akhirnya Asian Games diberikan kepada Indonesia.
Bahkan sesudah keputusan tersebut, Jakarta bukan [ilihan utama sebagai tuan rumah untuk Asian Games 2018. Awalnya yang diharapkan menjadi tuan rumah adalah Surabaya, tetapi pemerintah daerah memutuskan untuk memfokuskan sumber dayanya pada Asian Games 2021 dan menarik permohonannya. Jakarta kemudian diberikan kesempatan untuk menjadi ruan rumah untuk Asian Games 2018 lalu, dengan Palembang, ibukota provinsi Sumatera Selatan, menjadi kota pendukung.

4. Meskipun Jakarta dan Palembang adalah satu-satunya kota yang disebut sebagai tuan rumah, Bandung, ibukota Jawa Barat juga menyelenggarakan beberapa acara serta beberapa kota di Jawa Barat seperti Bogor, Bekasi, Cikarang, Subang dan Depok juga tak ketinggalan dalam memeriahkan ajang empat tahunan ini.

5. Jakarta, Palembang dan kota-kota tuan rumah lainnya bahkan menyelenggarakan 462 acara olahraga, yang merupakan jumlah acara terbesar kedua dalam sejarah Asian Games. Jumlah hanya 14 acara lebih sedikit dari Guangzhou pada 2010 lalu. Ini membuktikan bahwa Indonesia mampu menyediakan tempat terbaik untuk para atlet dan delegasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *